Selasa, 05 Juni 2012

RESUME PERTEKOM

TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI

a.    Pengertian
    Teknologi berasal dari bahasa Yunani yaitu Techne, artinya adalah keahlian dan Logos, artinya ilmu atau pengetahuan yang berguna. Jadi teknologi dapat diartikan sebagai keahlian yang disistematisasi dan diorganisasi menjadi pengetahuan berguna. Sedangkan secara bebas teknologi dapat diartikan sebagai penerapan ilmu pengetahuan dasar (science) terhadap sesuatu untuk meningkatkan kegunaan atau nilai tambahan  (added value).
b.    Teknologi Komunikasi
    Teknologi Komunikasi menurut Onong Uchjana Effendy ialah kemampuan teknik berlandaskan ilmu pengetahuan mengenai proses berlangsungnya komunikasi melalui media massa. Sedangkan menurut Grant (1995), teknologi komunikasi merupakan sistem syaraf dari masyarakat kontemporer, mengirimkan, mendistribusikan, dan mengendalikan informasi, dan menghubungkan sedemikian banyak berbagai hal yang terpisah.

c.    Teknologi Informasi
Teknologi Informasi, Menurut Ely (1982) “mencakup sistem-sistem komunikasi seperti satelit siaran langsung, kabel interaktif dua-arah, penyiaran bertenaga rendah (low power broadcasting), komputer (termasuk personal computer dan komputer genggam yang baru), dan televisi (termasuk video disk dan video tape cassete)” .
Dan pada masanya Teknologi Komunikasi dan Teknologi informasi ini dibedakan, teknologi komunikasi mencakup pengertian yang lebih luas, termasuk sistem, saluran, jaringan, content & nilai, perangkat keras, dan perangkat lunak dari komunikasi modern dan Teknologi Informasi termasuk merupakan bagian di dalamnya. Sedangkan Teknologi Informasi  dalam pengertian hardware atau perangkat kerasnya. Teknologi Informasi identik dengan perangkat komputer dan kelengkapannya saja

REVOLUSI KOMUNIKASI

    Menurut Marwah Daud Ibrahim, Revolusi Komunikasi muncul karena adanya akselerasi eksponensial (begitu cepatnya hingga belum diketahui kapan akan mereda) dari perkembangan teknologi komunikasi dan penemuan media komunikasi yang luar biasa dibandingkan dengan perkembangan komunikasi yang beringsut lambat di awal peradaban manusia jutaan atau ribuan tahun yang lalu. Dan adapun beberapa revolusi dalam bidang komunikasi yaitu :
    Bahasa
    Tulisan
    Mesin cetak (1454;Guttenberg)
    Telekomunikasi.
Karakterisitik Teknologi Informasi :
    Adanya kebebasan dan kesempatan memilih di antara berbagai metoda dan alat untuk melayani kebutuhan manusia dalam komunikasi.
    Kemungkinan mengkombinasikan teknologi, metoda dan sistem-sistem yang berbeda dan terpisah selama ini.
    Kecenderungan ke arah desentralisasi, individualisasi, dalam konsep dan pola pemakaian teknologi komunikasi.

HAKIKAT TEKNOLOGI KOMUNIKASI

1.    Teknologi komunikasi adalah alat.
2.    Dilahirkan oleh sebuah struktur ekonomi, sosial dan politik.
3.    Membawa nilai-nilai yang berasal dari struktur ekonomi, sosial, dan politik tertentu.
4.    Meningkatka kemampuan indera manusia, terutama kemampuan mendengar dan melihat.
Ciri-ciri :
    Orang yang terlibat bisa berinteraksi dengan leluasa.
    Umpan balik, segera diketahui.
    Penyampaian pesan dilakukan secacra verbal maupun gambar.
    Menggunakan media interaktif.
Gelombang peradaban
    Gelombang Pertama (8000 SM)
     Gelombang Kedua (1700 SM – 1970 an)
     Gelombang Ketiga (> 1970 an)


PERUBAHAN LINGKUNGAN MEDIA

    Dengan hadirnya media maka membuat perubahan terhadap pola hidup manusia.  Dalam penggunaannya menurut Dizard (1997),  rata-rata orang Amerika menghabiskan waktu 2700 jam pertahun menonton televisi atau mendengarkan radio. Dalam 337 hari mereka menghabiskan waktu + 8 jam sehari untuk hal tersebut. 800 jam lainnya diserap oleh media lain, seperti musik rekaman, buku, suratkabar, majalah dan internet.
Dan pada era informasi saat ini, media-media yang yang sebelumnya terpisah kini berintegrasi menjadi satu kesatuan yang disebut konvergensi.  Menurut Staubhaar dan La Rose (2000),  konvergensi adalah integrasi dari media massa, komputer dan telekomunikasi menjadi sebuah kesatuan secara teknologis dan institusi mendasar.
Beberapa teknologi yang terpisah menjadi satu :
    Contoh :   
    Telepon ,komputer dan teknologi internet
    Ponsel Multimedia 
    Surat kabar digital
    Televisi multimedia
    Radio web
    Konvergensi Teknologi
    Konvergensi Industri
    Perubahan Gaya Hidup
    Perubahan Karir
    Perubahan Peraturan
    Pergeseran isu-isu sosial


PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Pesan yang dibawa  :
1.    Melakukan Demassifikasi
2.    Menyesuaikan Diri
3.    Meningkatkan Interaksi

Dengan teknologi komunikasi :
1.    Berhubungan dengan individu di daerah/negara lain dengan cepat.
2.    Menyalurkan aspirasi dan ekspresi yang pada gilirannya menjadikan mereka akrab satu sama lain.
3.    Mengakses hasil-hasil kebudayaan yang muncul di berbagai daerah/negara
4.    Meningkatkan partisipasi mereka dalam kehidupan sospol yang menyangkut seluruh daerah/negara.
Hubungan teknologi komunikasi dan masyarakat inforrmasi
    Masyarakat informasi sendiri menurut istilah populer ialah Masyarakat yang telah terkena terpaan (exposure) media massa dan komunikasi global, masyarakat yang sadar informasi dan mendapatkan penerangan cukup (Dahlan). Sedangkan menurut ilmu komunikasi
i.    Menjadikan informasi sebagai komoditas yang sangat berharga ekonomis.
ii.    Berhubungan dengan masyarakat lain dalam sistem komunikasi global.
iii.    Mengakses informasi Superhighway.
Superhighway :
    Jaringan data elektronik yang di hasilkan oleh teknologi komunikasi yang canggih
     yang menghasilkan berbagai bentuk informasi dari seluruh pelosok dunia
    dan bisa di akses dengan menggunakan  video dan komputer (Jhon V. Pavlik)

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNKASI

Pengertian televisi
•    Kata televisi berasal dari kata tele dan visio, tele dari bahasa yunani yang berarti jauh dan visio  Atau vision dari bahasa latin yang berarti tampak atau penglihatan. Jadi televisi berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh
Sejarah perkembangan
•    Pada tahun 1873 seorang operator telegram asal Valentia, Irlandia yang bernama Joseph May menemukan bahwa cahaya mempengaruhi resistansi elektris selenium dan melakukan beberapa percobaan  Hal ini merupakan embrio dari teknologi perekaman gambar.
•    Setelah beberapa kurun waktu lamanya Julius Paul Gottlieb Nipkow (1860-1940) diciptakan sebuah piringan metal kecil yang bisa berputar dengan lubang-lubang
•    Sekitar tahun 1920 John Logie Baird (1888-1946) dan Charles Francis Jenkins (1867- 1934) menggunakan piringan karya Paul Nipkow untuk menciptakan suatu sistem dalam penangkapan gambar, transmisi, serta penerimaannya. Mereka membuat seluruh sistem televisi ini berdasarkan sistem gerakan mekanik, baik dalam penyiaran maupun penerimaannya. Pada waktu itu belum ditemukan komponen listrik tabung hampa (Cathode Ray Tube).
Kelebihan
•    Kemampuan televisi yang sangat menakjubkan untuk menembus batas-batas yang sulit ditembus oleh media masa lainnya. Televisi mampu menjangkau daerah-daerah yang jauh secara geografis, ia juga hadir di ruang-ruang publik hingga ruang yang sangat pribadi. Televisi merupakan gabungan dari media dengar dan gambar hidup (gerak atau live) yang bisa bersifat politis, informatif, hiburan, pendidikan, atau bahkan gabungan dari ketiga unsur tersebut. Oleh karena itu, ia memiliki sifat yang sangat istimewa.
Karakteristik
1.    Audiovisual
•    Televisi memiliki kelebihan , yakni dapat didengar sekaligus dapat dilihat (audiovisual). Jadi tidak hanya mendengar kata-kata  , musik dan efek suara , khalayak juga dapat melihat gambar yang bergerak. Karena sifatnya yang audiovisual pula , maka acara siaran berita harus selalu dilengkapi dengan gambar , baik gambra diam seperti foto maupun  video rekaman.
2.    Berpikir dalam Gambar
•    Pihak yang bertanggung jawab atas kelancaran suatu acara televisi adalah pengarah acara. Bila ia membuat naskah atau membaca naskah acara, ia harus berpikir dalam gambar (think in the picture). Begitu pula komunikator yang akan menyampaikan informasi, pendidikan atau persuasi, sebaiknya ia dapat melakukan berpikir dalam gambar. Sekalipun ia tidak membuat naskah, ia harus dapat menyampaikan keinginannya kepada pengarah acara tentang penggambaran atau visualisasi dari acara tersebut.
3.    Pengoperasian Lebih Kompleks
•    Pengoperasian televisi siaran lebih kompleks dan lebih banyak melibatkan banyak orang. Untuk menayangkan suatu acara siaran berita yang dibawakan oleh dua orang pembawa berita saja dapat melibatkan 10 orang.
Dampak
    Dampak positif ini antara lain adalah dengan adanya televisi masyarakat jadi lebih mudah untuk memperolh informasi secara lengkap dan cukup cepat walaupun jaraknya cukup jauh dari tempat tinggal kita. Seperti informasi perkembangan teknologi dan ekonomi di daerah Kalimantan bisa kita peroleh melalui siaran berita televisi ketika kita tinggal di Yogyakarta. Selain itu dengan televisi dapat digunakan masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah melalui suara pemirsa atau mengawasi kebijakan pemerintah sebagai watch dog yang juga dilakukan oleh media massa tv. Juga dengan tv, pemerintah bisa kebijakan atau peraturannya kepada masyarakat mengingat jangkauan dari tv yang cukup luas Televisi juga bisa digunakan masyarakat untuk memperoleh hiburan dengan acara hiburan yang ditayangkan oleh media massa televisi. Juga dengan televisi,masyarakat bisa mengetahui suatu tindakan penyimpangan sosial yang kurang baik yang di tayangkan lewat tayangan berita kriminal dan lain-lain. Maka dampak positif itu memang diharapkan terjadi dan diharapkan bisa membantu dan juga mempermudah manusia dalam perolehan informasi dan kegiatan komunikasi secara efisien dan cepat sesuai dengan kebutuhan manusia yang semakin menginginkan kemudahan.
    dampak negatif yang sangat berbahaya dan sangat mengkhawatirkan bagi kehidupan msyarakat terutama masalah penyimpangan sosial yang dihadapi.Dampak negatif itu antara lain anatara lain adalah :
    masyarakat lebih gemar menontonnya dan menjadikan tv sebagai "teman" daripada bersosialisasi dengan sesama manusia.Sehingga kesadaran untuk bersosialisasi antar sesama manusia menjadi luntur dan berkurang

INTERNET

•    Kependekan dari interconnected networking
•    Merupakan struktur yang tak bertepi, bebas, dan tidak mungkin di batasi
•    Bukanlah objek kasatmata yang dapat di pegang dan dirasakan
•    Lapisan kompleksitas teknologi dan jasa yang dapat dinikmati oleh semua orang
•    Rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian

Tujuh negara dengan populasi pengguna internet terbanyak :
Cina : 179.7 juta
Amerika Serikat : 163.3 juta
Jepang : 60.0 juta
Jerman : 37.0 juta
Inggris Raya : 36.7 juta
Perancis : 34.0 juta
India : 32.1 juta
Sedangkan di Indonesia sendiri sekitar  27 juta
Serta wilayah/benua dengan populasi internet terbanyak: Asia Pasifik : 416 juta (41.3%)Eropa : 283 juta (28.0%)Amerika Utara : 185 juta (18.4%)Amerika Latin : 75 juta (7.4%)Timur Tengah dan Afrika : 49 juta (4.8%)
Pemanfaatn Internet
Positif
•    Memberikan segala informasi yang di butuhkan secara cepat dan murah
•    Kemudahan bertransaksi dan berbisnis
•    Sarana komunikasi yang efektif
Negatif
•    Banyaknya situs hiburan seperti situs musik atau film, akan membuat siswa terlena dan lupa waktu/ kecanduan.
•    Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan.
•    Pornografi pun merajalela
•    Penipuan dengan modus baru
•    Meluasnya perjudian
•    Mengurangi sifat sosial manusia
Kesalahpahaman terhadap Internet
1.    Internet dipahami sebagai pusat informasi dan solusi
Pusat informasi dan solusi adalah orang-orang yang menjadi anggota komunitasnya, sedangkan internet merupakan media untuk mendistribusikan
1.    Internet dianggap sebagai penyaji pendidikan murah bahkan cenderung tanpa biaya . Anggapan yang salah bahwa semua yang di internet itu gratis dan bersifat promosi
2.    Internet sebagai pembangun hubungan dengan seluruh anggota komunitas
Internet hanya memfasilitasi, terbentuknya komunitas harus diupayakan sendiri oleh pemakainya
1.    Internet sebagai penyaji pornografi
Masih lebih banyak komunitas yang bermanfaat sebab pornografi bukan sesuatu yang dominan.
1.    Internet sebagai pengganti jasa pos
Meski memiliki fasilitas email, tetapi jasa pos seperti pengiriman barang tidak dapat dilakukan oleh internet
Konsekuensi Sosial Teknologi Komunikasi
1.    Perubahan Hubungan Sosial
Jika hubungan antara dua komponen masyarakat berubah.
1.    Transformasi Sosial
Munculnya masyarakat informasi yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
•    Informasi menjadi senjata strategis;
•    Pemilihan. informasi menjadi dasar konflik antara pernerintah dan pengusaha; (iii) informasi tidak lagi gratis;
•    Semua informasi yang bernilai tinggi akan tersimpan dalam bentuk digital;
•    Pustaka akan dipenuhi oleh buku-buku pintar elektronik;
•    Pustaka dunia akan muncul dalam bentuk informasi elektronik;
•    Konsep manusia tentang  privacy,  security dan pemilikan berubah;
•    Pertukaran informasi meruntuhkan batas-batas budaya dan wilayah;
•    Konflik akan terjadi antara pemakai dan manajemen sistem informasi;
•    Orang-orang yang menjadi “spesialis informasi” akan menjadi sangat berkuasa (Dalam Tanduklangi, 1993:127).
Konsekuensi sosial teknologi komunikasi yaitu merupakan  dampak dari penggunaan teknologi komunikasi :
Dengan adanya teknologi lahirlah inovasi-inovasi baru yang mempermudah hidup manusia, dan terjadilah perkembangan ilmu pengetahuan, karena teknologi lahir dari sebuah ilmu. namun secara negatif teknologi komunikasi memberikan dampak pada kehidupan social, ketika norma-norma yang berlaku tidak sesuai lagi dengan yang ada saat ini, seringnya terjadi kejahatan teknologi yang merugikan masyaraka tidak hanya itu dampak teknokom bisa merusak moral dan akhlak kita.
Dampak Konsekuensi Sosial Teknologi komunikasi terbagi dua, yaitu :
•     Dampak Positif
o    informasi yang ada di masyarakat dapat langsung dipublikasikan dan diterima masyarakat
o    hubungan sosial antar masyarakat dapat berlangsung dimana saja dan kapan saja
o    sosialisasi kebijakan pemerintah dapat lebih cepat disampaikan kepada masyarakat
o    sarana untuk hiburan
o    adanya “share” budaya antar daerah ataupun antarnegara
•    Dampak Negatif
•    Timbulnya jenis kejahatan baru, seperti penipuan, pornografi, pengiriman email  Sampah (spam), pengiriman virus,dll.
•    Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung  lebih suka berhubungan  lewat internet daripada bertemu secara langsung.
•    meningkatnya angka pengangguran.
•    Kurangnya ruang privasi
•    Bisa membuat seseorang kecanduan dan penggunaan tidak sesuai kondisi.
•    Masuknya budaya asing yang kurang baik dan tidak difilter.
•    Dari sifat sosial dapat mengakibatkan perubahan Pola masyarakat dalam berinteraksi.

JURNALISME ONLINE
Jurnalime Online Indonesia
Sejak REFORMASI (1998) dari situlah kemudian tercetus keinginan untuk  membentuk berbagai jurnalisme online.
Dengan bertumpu pada tampilan apa adanya detikcom menjadi media jurnalisme online pertama yang melesat sebagai situs informasi digital paling populer di kalangan pengguna internet Indonesia.

Karakteristik Jurnalime Online
•    REAL TIME
•    UNSUR MULTIMEDIA
•    BERSIFAT INTERAKTIF
•    NON ORGANISASI RESMI
Dampak Umum Jurnalime Online
Negatif
Informasi dari internet dapat menembus jarak dan waktu serta menyebar ke mana pun, hal semacam ini membuat pemerintah tidak sepenuhnya bisa mengontrol informasi yang beredar
karena saking luasnya.
Positif
Masyarakat bisa lebih open minded dengan informasi-informasi yang ada

PR ONLINE

Perkembangan Public Relations baik sebagai ilmu maupun profesi tidak bisa lepas dari perkembangan teknologi komunikasi. Pengaruh teknolog komunikasi terhadap PR dapat berbentuk sebagai alat/media PR ataupun bentuk baru dari kegiatan PR, yang memunculkan istilah cyber PR, Net PR, dan nama lain bentuk kegiatan atau bidang kajian PR dalam dunia cyber (dunia maya).
Beberapa hal yang perlu diperhatikan para praktisi PR dalam menggunakan internet :
1.    PR harus menyadari bahwa publik/khalayak bisa mengakses semua press release atau news release yang dikirimkan melalui internet atau server.
2.    Publik dapat mengakses press release dalam home page yang ada di www (bila perusahaan memiliki home page).
3.    PR dapat membuat mailing list dari publiknya. Mailing list adalah perangkat elektronik yang dapat menyebarkan press release kepada publiknya melalui kontak email.
Keuntungan PR dalam menggunakan internet :
a.    Informasi cepat sampai pada publik.
b.    Internet dapat berfungsi sebagai iklan, media, alat marketing, sarana penyebaran informasi dan promosi.
c.    Siapapun dapat mengakses internet
d.    Tidak dapat terbatas oleh ruang dan waktu.
e.    Internet dapat membuka kesempatan melakukan hubungan komunikasi dalam bidang pemasaran secara langsung.
Mengukur Efektivitas Kegiatan PR Online
1.    Menghitung jumlah orang yang mengunjungi situs perusahaan dan memberikan informasi rinci mengenai dirinya dalam website tersebut.
2.    Laporan penjualan bulanan dari pengecer resmi.
3.    Mengukur tingkah laku khalayak.
4.    Memantau liputan media.
5.    Memantau penambah database.

HUKUM DAN ETIKA DALAM TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Bentuk dan Aturan Hak Cipta
Pelanggaran atas hak cipta seseorang akan dikenai sanksi hukum sesuai dengan pasal 72 Undang-Undang Hak Cipta. 19 Tahun 2002 yang menyatakan :
1.    Barang siapa dengan sengaja dan tanpa hak melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 49 ayat (1) dan ayat (2) dipidana dengan pidana penjara masing-masing paling singkat 1 (satu) bulan dan/atau denda paling sedikit Rp. 1.000.000,00 (satu juta rupiah), atau pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun dan/atau denda paling banyak Rp.5.000.000.0000,00 (lima miliar rupiah).
2.    Barang siapa dengan sengaja menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, atau menjual kepada umum suatu ciptaan atau barang hasil pelanggaran Hak Cipta atau Hak Terkait sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).
3.    Barang siapa dengan sengaja dan tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk kepentingan komersial suatu Program Komputer dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp.500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).
Tindakan penggunaan teknologi informasi yang bertentangan dengan moral dan undang-undang yang berlaku dan banyak dibicarakan saat ini, antara lain:
a. Hacking/cracking
b. Pembajakan
c. Browsing situs-situs yang tidak sesuai dengan moral dan etika kita
1.    Hacking/cracking
Tindakan pembobolan data rahasia suatu institusi, membeli barang lewat internet dengan menggunakan nomor kartu kredit orang lain tanpa izin (carding) merupakan contoh-contoh dari tindakan hacking. Orang yang melakukan hacking disebut hacker. Begitu pula dengan membuka kode program tertentu atau membuat suatu proses agar beberapa tahap yang harus dilakukan menjadi terlewatkan (contoh: cracking serial number) apabila dilakukan tanpa izin juga merupakan tindakan yang menyalahi hukum.
1.    Pembajakan
Mengutip atau menduplikasi suatu produk, misalkan program komputer, kemudian menggunakan dan menyebarkan tanpa izin atau lisensi dari pemegang hak cipta merupakan dalam posisi lemah akan dikenai sanksi dan konsekuensi sesuai hukum yang berlaku.
2.    Browsing situs-situs yang tidak sesuai dengan moral dan etika kita
Membuka situs dewasa bagi orang yang belum layak merupakan tindakan yang tidak sesuai dengan norma dan etika. Teknologi internet yang dapat memberikan informasi tanpa batas akan mengakibatkan tindakan yang beragam, mulai dari tindakan-tindakan positif sampai negatif. Orang yang tahu akan manfaat internet dan memanfaatkan secara positif akan mendapatkan hasil yang positif pula, dan begitu juga sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar